10 Tempat yang Mengandung Banyak Kuman

Penyebab penyakit bisa ada di mana saja, bahkan ketika orang sedang bekerja. Dan produktivitas kerja akan semakin berkurang ketika seseorang mengidap flu atau batuk. Pencegahan terhadap penyakit-penyakit sebetulnya tidak sulit . Satu hal yang sangat penting dilakukan adalah mencuci tangan pakai sabun setelah menyentuh benda-benda atau tempat-tempat dibawah ini:
1. Telepon selular
Berdasarkan penelitian dari rumah sakit Northen Irelan, hampir semua telepon selular dan telepon meja mengandung bakteri yang berkembang dan 15 % dari telepon tersebut mengandung bacteria yang bisa mengakibatkan infeksi. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa 16 % dari tombol telepon genggam mengandung bakteri juga. Usahakan selalu mencuci tangan pakai sabun sesudah mengirimkan pesan atau menekan tombol telepon.
2. Pom Bensin
Riset membuktikan bahwa 71% pegangan pom bensin mengandung bacteria yang bisa menyebabkan penyakin. Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr. Gerba dari universitas Arizona menyatakan bahwa sangat tidak disarankan untuk menyentuh pegangan pom bensin dikarenakan adanya bakteri mematikan tersebut. Disarankan untuk selalu menggunakan sarung tangan dan menggunakannya sebelum menyentuh pegangan pompa bensin.
 3. Menu Restoran
Berpikirlah dua kali jika hendak pergi ke restoran atau tempat makan terkenal, karena bisa jadi sudah beratus-ratus orang yang sudah menyentuh menu tersebut. Solusinya cukup sederhana, yaitu meletakkan menu tersebut diatas piring atau alas meja, dan cucilah tangan setelah memesan menu di restoran tersebut.
4. Buah Lemon dan  Penyangga Lemon
Para peneliti mencoba memesan 21 minuman dari berbagai restoran yang berbeda. Dari hasil penelitian tersebut, mereka menuliskan dalam jurnal kesehatan bahwa terdapat 25 mikroorganisme yang beraneka ragam yang ada dalam lemon dan penyangga lemon, termasuk bakteri penyebab tbc , yaitu E. Coli.
5. Tempat Bumbu
Seperti halnya menu restoran, botol kecap dan pengaduk garam tidak akan pernah bersih dan terus berpindah tangan dari satu tangan ke ratusan tangan yang lain. Menurut banyak pusat kesehatan dan peneliti Dr. Kelly Raynold, banyak orang tidak mencuci tangan sebelum makan. Dia juga menyatakan bahwa serbet juga tidak akan banyak menolong karena terlalu banyak mikroorganisme yang ada di dalamnya. Mencuci tangan atau menggunakan pencuci tangan instan merupakan solusi terbaik.
6. Pegangan Pintu Kamar Mandi
Mencuci tangan sebelum makan tidaklah cukup, masih ada hal lain yang perlu dilakukan yaitu menghindari pintu kamar mandi. Penelitian pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 82% dari orang yang mencuci tangan, akan tetapi hanya 18% yang menghindari pegangan pintu toilet. Gunakan kaki untuk menyiram toilet dan setelahnya mencuci tangan dengan sabun, gunakan kertas tisu untuk membuka pintu. Hal ini sangat berguna untuk mencegah kontaminasi kuman.
7. Kereta belanja
Penelitian terbaru dari Virology fakultas kedokteran menyatakan bahwa demam dan flu bisa bertahan selama 18 jam di tangan. Ditambah lagi dengan keranjang belanja yang digunakan banyak orang sangat berpotensi mengandung bakteri. Nyatanya, banyak orang menderita sakit untuk itu, beberapa supermarket menyediakan antiseptic di depan toko mereka. Pakailah antiseptic sebelum dan sesudahnya.
 8. Pesawat
Menghabiskan beberapa jam dengan banyak orang dalam satu tempat seperti pesawat sangat berpotensi untuk menularkan flu. Studi kasus yang dilakukan oleh Universitas Florida menunjukkan terdapat banyak bakteri E. Coli dalam pemukaan pesawat, termasuk kursi dan pegangan pintu kamar mandi. Mungkin banyak dari kita akan tertawa melihat ada orang yang memakai masker, akan tetapi hal tersebut sangatlah berguna untuk pencegahan flu. Jika tidak memungkinkan untuk memakai masker, usahakan untuk membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih tinggi dengan makanan yang bergizi. Setelah berlibur usahakan untuk memakan buah beri dan brokoli serta teh hijau.
9.       Makanan Gratis
Penelitian dari departemen kesehatan menunjukkan bahwa ketika batuk dan bersin, orang cenderung untuk menutupnya dengan tangan. Bisa dibayangkan bagaimana makanan gratis tersentuh oleh tangan orang yang menderita flu. Kuman akan dengan mudahnya berpindah.
10.   Eskalator
Eskalator di New York mengandung 3 juta kuman pseudomonas putida, bakteri kotor. Bakteri-bakteri tersebut bisa membuat kekebalan tubuh menjadi menurun. Peniliti dari New Jersey menyatakan bahwa bakteri tersebut bisa bersarang di banyak tempat-tempat umum. Sekali lagi, gunakan cuci tangan dengan sabun atau antiseptik instant untuk tangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?