Cara Penularan Penyakit


Di dalam kehidupan manusia, ada beberapa mikroorganisme yang selalu berhubungan dengan manusia selama hidupnya. Berbagai macam mikroorganisme seperti bakteri, basil, parasit hingga jamur sangatlah mendominasi keterikatan manusia dengan mikroorganisme tersebut. Namun, manusia tidak perlu khawatir akan hal itu mengingat manusia memiliki system kekebalan tubuh yang ampuh sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan mikroorganisme tersebut.
Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan kekebalan tubuh manusia menjadi melemah sehingga mikroorganisme menyebabkan banyak penyakit yang menjangkit tubuh manusia. Akan tetapi, manusia bisa membuat kekebalan buatan yaitu melalui antibiotic atau obat-obatan lainnya. Untuk bisa mencegah mikroorganisme tetap menjauh dari tubuh, ada beberapa cara yang membuat microorganisme masuk ke dalam tubuh manusia, yaitu:
  1. Saluran nafas, masuk ke dalam saluran nafas dan menyebabkan Influenza
  2. Saluran Pencernaan, menyebabkan typhus dan disentri
  3. Permukaan Kulit, terkontaminasi melalui vector perantara
  4. Saluran Kemih
  5. Daerah Ginekologis yang menularkan virus hepatitis
  6. Daerah Anus, menularkan virus HIV
  7. Daerah lubang telinga yang sudah bocor
  8. Melalui Gigi yang berlubang
  9. Peredaran darah, melalui jarum suntik
  10. Plasenta pada janin
  11. Tali Pusat yang bisa menularkan tetanus.
Pintu yang paling mudah untuk dimasukkan microorganisme adalah saluran nafas. Saluran yang paling rentan kontaminasi yaitu saluran pencernaan. Semua pencegahan atas penyakit yang ditularkan oleh mikroorganisme dapat dicegah dengan cuci tangan pakai sabun yang tepat dan benar dengan sabun anti bakteri dan mikroorganisme, serta tidak lupa untuk membilasnya dengan air yang mengalir.
Salam Sehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?