Tetap Tenang Saat Menghadapi Si Kecil Mimisan

Tetap Tenang Saat Menghadapi Si Kecil Mimisan



Radi RachimTetap Tenang Saat Menghadapi Si Kecil Mimisan, Seringkali kita melihat anak beraktifitas tidak ada hentinya. 

Memutari ruang keluarga, pindah ke ruang makan, berlarian dan terus dilakukan seperti tidak pernah merasa lelah. 

Saat bermain tiba-tiba anak menghampiri ibu dengan hidung mengeluarkan darah yang biasa kita sebut dengan mimisan. 

Bila menemukan kejadian seperti ini, ibu berusahalah untuk tetap tenang.

Bagian dalam hidung dilapisi oleh selaput lendir yang selalu basah. selaput lendir ini banyak mengandung jalinan pembuluh darah. 

Bila pembuluh darah tersebut pecah, terjadilah mimisan. Mengutip catatan Dr. Hardiono D. Pusponegoro SpA(K) Divisi Saraf Anak, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM, Jakarta.

Penyebab Mimisan

Perlu ibu ketahui beberapa penyebab mimisan, antara lain:

1. Trauma, semacam benturan atau hantaman dibagian hidung dan sekitarnya.
2. udara disekitar, udara yang terlalu panas menyebabkan selaput lendir di hidung menjadi kering dan pecah. Udara yang terlalu dingin, seperti suhu AC pada malam hari juga bisa membuat pembuluh darah hidung pecah.
3. Sistemik, bila alasan anak mimisan demikian biasanya mimisan terjadi karena mengidap sakit seperti leukimia, hipertensi, demam berdarah atau saat mimisan terjadi setelah meminum obat dengan dosis yang tidak tepat.
4. Mencium bahan kimia seperti asam sulfat, bensin dan amonia.

Cara Mencegah Mimisan

Mencegah mimisan bisa dilakukan dengan beberapa cara, sebagai berikut:

  1. Anak suka memasukan sesuatu benda seperti busa, pensil, mainan atau peralatan kecil lainnya. Perhatikan hal tersebut sebaiknya dicegah dan berikan pengertian kepada anak mengenai kebersihan dengan lebih sering agar anak lebih mengerti.
  2. Hindari benturan pada area hidung dan sekitarnya.
  3. Hindari anak kontak langsung dengan asap rokok.


Cara Menolong Anak Mimisan

Pertolongan bila anak mimisan:
  1. Posisikan setengah duduk agar posisi hidung lebih tinggi dari jantung. Sementara ajarkan anak untuk bernafas dari mulut. Tekan beberapa lama seluruh bagian hidung untuk mematikan pendarahan.Hindari posisi terlentang agar aliran darah ke hidung tidak semakin cepat.
  2. Sumbat dan tekan hidung dengan perlahan dengan tisu atau kain berbahan halus, lakukanlah selama beberapa menit. Bila pendarahan masih terjadi lakukan sekali lagi. Bila sudah lebih dari 10 menit masih terjadi segera hubungi dokter anak Anda segera.
  3. Bila ibu sedia daun sirih dirumah, setelah cuci dengan bersih, ibu bisa gunakan untuk meredakan mimisan. Tempel sirih dihidung. Sirih merupakan adstringent, berfungsi untuk menciutkan pembuluh darah. Tapi tidak dianjurkan mengingat sterilisasinya kurang terjaga.
Demikianlah artikel yang berjudul Tetap Tenang Saat Menghadapi Si Kecil Mimisan yang telah anda baca di blog milik Radi Rachim, semoga artikel ini bisa membuat semua bermanfaat.

Sumber Artikel : http://angelineshop.multiply.com/journal/item/26

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?