Apa Itu Demam Q?

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


Demam Q (demam query) sering dianggap penyakit ringan karena gejalanya mirip dengan gejala flu biasa, bahkan ada beberapa orang yang menderita penyakit ini tidak ada gejala sama sekali. Namun yang cukup mengkhawatirkan adalah pada beberapa orang (walaupun tidak banyak), infeksi akan muncul kembali beberapa tahun kemudian dan bisa lebih mematikan dan berakibat rusaknya jantung, otak, paru-paru, dan hati. Orang-orang yang bekerja dengan domba, petani, dan dokter hewan adalah para pekerja yang mempunyai resiko tertinggi bisa terjangkit demam Q.
Penyebab
Bakteri yang bernama Coxiela Burnetii adalah bakteri penyebab demam Q. Bakteri ini banyak ditemukan pada domba, kambing, dan sapi. Binatang peliharaan seperti anjing, kucing, dan kelinci juga bisa terinfeksi bakteri ini. Bakteri tersebut akan keluar dari tubuh hewan melalui plasenta, susu, dan kotoran. Ketika semua media tersebut mengering, bakteri tersebut kemudian menjadi bagian dari debu yang dapat melayang di udara. Manusia yang menghirup bakteri tersebut akan terinfeksi bakteri ini lewat paru-paru.
Gejala
Kebanyakan orang yang terinfeksi demam Q tidak menunjukkan gejala apapun, kalaupun ada gejala biasanya hanya seperti gejala flu biasa atau anda akan menemukannya 2-3 minggu setelah terpapar bakterinya. Gejala-gejalanya adalah:
  1. Sakit kepala yang amat sangat.
  2. Suhu tubuh mencapai 40,5 derajat celcius.
  3. Kelelahan
  4. Mual
  5. Batuk
  6. Diare
Pengobatan
  1. Jika anda hanya terinfeksi demam Q ringan, demam tersebut akan reda tanpa pengobatan dalam waktu sekitar 2 minggu.
  2. Antibiotik yang diberikan oleh dokter harus terus dikonsumsi selama 18 bulan.
  3. Operasi penggantian organ harus dilakukan jika infeksi demam Q sudah merusak organ tubuh, seperti otak, paru-paru, hati dan jantung.
Sumber Artikel
Rating: 4.5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?