Cegah Hepatitis A dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Penyakit Hepatitis A sangat erat kaitannya dengan pola hidup bersih. Infeksi dari penyakit ini tidak akan separah Hepatitis B atau C, dan tidak menyebabkan kanker hati. Walaupun tidak telalu berbahaya, pengidap penyakit Hepatitis A tetap harus diobati dengan benar karena akan mengurangi produktivitas hidupnya, apalagi jika sampai harus dirawat di rumah sakit.
Sampai saat ini belum ada pengobatan spesifik untuk infeksi penyakit Hepaptitis A karena dalam waktu sekitar 1 sampai 2 bulan infeksi penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Namun penderita sangat diajurkan untuk dirawat dirumah sakit untuk mengurangi dampak kerusakan pada hati dan mempercepat proses penyembuhan.
Berikut adalah beberapa langkah penanganan yang biasa diberikan saat penderita Hepatitis A dirawat di rumah sakit:
  1. Beristirahat. Dengan istirahat yang cukup pasien akan memiliki energi yang cukup bagi sistem kekebalan tubuhnya dalam memerangi infeksi Hepatitis A.
  2. Anti mual. Rasa mual dan kurang nafsu makan adalah beberapa dampak yang akan dirasakan oleh penderita Hepatitis A. Dampak ini harus segera diatasi karena tubuh pasien sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk mempercepat proses penyembuhan.
  3. Istirahatkan hati. Karena hati berfungsi untuk memetabolisme obat-obatan, pasien Hepatitis A biasanya tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan, alkohol dan sejenisnya karena selama menderita penyakit Hepatitis A hati sedang mengalami peradangan.
Agar anda tidak terkena infeksi penyakit Hepatitis A, berikut adalah langkah-langkah pencegahannya:
  1. Melakukan vaksinasi Hepatitis A. Vaksinasi ini hanya dianjurkan kepada orang-orang yang memiliki resiko tinggi terkena infeksi penyakit hepatitis A.
  2. Cuci tangan pakai sabun. Dengan membiasakan melakukan cuci tangan pakai sabun, virus penyebab infeksi penyakit Hepatitis A akan hilang dan tubuh anda akan terbebas dari resiko terkena penyakit ini.
Sumber Artikel






Rating: 4.5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?