Infeksi Jamur Pada Kulit

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

 
Jamur pada kulit biasanya berkembang pada derah lipatan kulit tubuh yang cenderung selalu lembab seperti daerah di antara jari, area genital, dan area di bawah payudara.
Jamur di kulit dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut:
1. Penggunaan antibiotik
Bila dipakai secara berlebihan, antibiotik dapat mengurangi bakteri (baik) yang hidup di tubuh manusia dan berakibat berubahnya keseimbangan flora normal. Celah inilah yang dimanfaatkan oleh jamur untuk berkembang.
2. Penggunaan kortikosteriod
Kortikosteriod memang berguna untuk mengobati berbagai penyakit kulit dan peradangan namun pemakaian kortikosteroid berlebihan mengakibatkan menurunnya respon kekebalan dan hal ini bisa meningkatkan kondisi untuk pertumbuhan jamur.
3. Kompromi sistem kekebalan tubuh
Jika sistem kekebalan tubuh ditekan atau seseorang mengalami kekurangan sistem kekebalan tubuh maka tubuh akan kesulitan dalam menangkal semua jenis infeksi, termasuk infeksi jamur yang akan makin sulit untuk dikontrol.
4. Faktor lingkungan
jamur membutuhkan kelembaban untuk bereproduksi. Jamur akan berkembang biak di bagian kulit tubuh yang lembab dan di ruangan yang lembab, seperti kamar mandi.
Untuk mengobati dan mencegah jamur pada kulit anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Konsultasikan ke dokter terdekat. Jamur adalah penyakit yang kadang cukup sulit untuk diobati.
  2. Gunakan obat yang diberikan dokter secara teratur. Obat jamur terdapat dalam sediaan oral atau topikal (obat luar) tergantung pada tipe infeksi yang anda derita. Anti jamur biasanya tersedia dalam bentuk lotion, krim, bedak, salep, shampo dan obat-obatan minum maupun injeksi.
  3. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cegah infeksi jamur dengan rajin mencuci tangan atau kaki anda dengan sabun. Pastikan jangan membiarkan bagian tubuh anda selalu lembab dengan rajin mengganti baju, celana, pakaian dalam dan kaus kaki setiap hari.
Sumber artikel
Rating: 4.5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?