Sheryl Sandberg, Wanita di Balik Kesuksesan Facebook

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ







Rating: 4.5WANITA selama ini selalu diungkapkan menjadi sosok di balik suksesnya seorang pria. Bukan tak mungkin pula bagi suatu perusahaan. Sebagai seorang chief operating officer (COO) di sebuah perusahaan jejaring sosial, Facebook, Sheryl Sandberg adalah orangnya. Sandberg menjalankan kegiatan penting dalam perusahaan, di antaranya dalam hal periklanan, pengembangan bisnis, serta menangani perekrutan karyawan.

Seperti dilansir dari CNBC.com, Jumat (18/5/2012), selama empat tahun berkecimpung menangani perusahaan, dia telah membantu Facebook menjadi perusahaan yang sangat menguntungkan. Dia juga berhasil memperluas jaringan di internasional. Alhasil, pengguna Facebook sudah lebih dari 900 juta.

Sementara sang bos, yaitu Mark Zuckerberg juga turut andil dalam mengawasi perusahaan. Dia mendesain bagaimana perusahaan mampu terus meraih untung tanpa mempersulit pengguna yang kian banyak. Sandberg mengawali karirnya dari Washington DC ke Silicon Valley pada 2011 lalu. Dia juga sempat bekerja di Google sebagai wakil presiden penjualan online dan iklan serta produk penerbitan.

Kisahnya menjadi bagian dari Facebook bersama Zuckerberg diawali dari hubungan persahabatan yang telah terjalin antara keduanya. Dia tertarik bergabung masuk ke Facebook pada 2008 setelah pertemuannya dengan Mark dalam suatu acara jamuan. Setelah pertemuan itu, mereka rutin mengadakan pertemuan selanjutnya dan mulai membicarakan tentang bagaimana sebuah situs jejaring sosial mampu menjadi ladang bisnis.

Ibu dari dua anak ini patut dijadikan teladan bagi perempuan lain dalam hal keluwesannya untuk berbisnis. Dia selalu mengajarkan bagaimana cara wanita mengatur dirinya dalam berbisnis dalam setiap pidatonya diberbagai kesempatan. Dia juga mengajarkan bagaimana seseorang harus menyelesaikan setiap pekerjaannya tanpa meninggalkannya sebelum semua beres.

Kini, Sandberg diusianya yang menginjak 43 tahun telah menjadi wanita yang sangat dihargai di perusahaan. Sandberg memiliki bayaran terbaik dan memiliki penghasilan setidaknya sebesar USD31 juta.

Sebagaimana diketahui, Facebook memastikan akan melantai di bursa saham pada pagi hari (18/5/2012) waktu setempat. Dikabarkan, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg tak cuma menaikkan harga, tapi juga menambah 84 juta saham pada IPO ini menjadi 421 juta saham. Setalah transaksi ini, hak suara Zuckerberg akan berkurang dari 57,3 persen menjadi sekitar 55,8 persen, sebagai akibat dari penerbitan saham tambahan.

Facebook menetapkan kisaran harga saat IPO menjadi USD34 hingga USD38 per saham, dari target awal USD28 hingga USD35. Dengan kisaran target itu, maka Facebook akan mampu menyaingi nilai pasar perusahaan internet lain, seperti Amazon.com Inc, Hewlett-Packard Co, dan Dell Inc.

sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?