Tips Sehat di Cuaca Tak Menentu

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Musim pancaroba adalah musim di mana terjadinya perubahan cuaca dan temperatur secara tiba-tiba. Terkadang panas terik namun tidak lama kemudian terjadi hujan yang lebat, atau sebaliknya. Dalam menghadapi perubahan cuaca dan suhu yang tiba-tiba ini sudah pasti tubuh kita akan bekerja keras untuk menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Karena itulah seringkali imunitas tubuh menjadi berkurang dan gampang terkena gangguan kesehatan, seperti batuk, flu, diare, tifus, dan lain-lain.
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tubuh tetap fit selama musim pancaroba:

1. Selalu mengkonsumsi makanan bergizi

Jika Anda selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, tubuh anda akan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral harus selalu ada dalam makanan yang anda konsumsi setiap hari.

2. Istirahat yang cukup

Daya tahan tubuh kita akan menurun jika kurang beristirahat dan sebaliknya jika kita istirahat cukup, daya tahan tubuh akan meningkat. Tidurlah selama  6-8 jam sehari agar tubuh mendapat istirahat yang cukup dan membantu pemulihan daya tahan tubuh setelah lelah beraktivitas.

3. Berolahraga

Sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Olahraga yang dianjurkan adalah bersepeda, jogging, treadmill, senam, atau cukup berjalan kaki.

4. Konsumsi suplemen bila dibutuhkan

Jika aktivitas anda cukup padat sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anda selama musim pancaroba. Suplemen yang dikonsumsi sebaiknya mengandung Vitamin C, Echinacea, dan Zinc. Suplemen tersebut terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama musim pancaroba.

5. Mengkonsumsi air minum yang cukup

Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari agar tubuh kita siap menghadapi musim pancaroba. Air putih tersebut sebaiknya dikonsumsi dalam suhu ruangan (normal) dan tidak terlalu dingin. Minuman yang dingin akan mengakibatkan daya tahan tubuh kita menurun.

6. Kelola stres anda dengan baik

Anda dapat terhindar dari dampak negatif stres jika anda dapat mengelola stres anda dengan benar. Dampak negatif stres seperti berkurangnya nafsu makan dan sulit tidur bisa mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

7. Menjaga kebersihan tubuh anda dan lingkungan

Jagalah selalu kebersihan makanan dan minuman yang anda konsumsi. Selain itu biasakan cuci tangan pakai sabun sesudah buang air besar, sebelum makan, dan sebelum mengolah bahan makanan. Menjaga kebersihan lingkungan juga penting untuk memberantas nyamuk, kecoa, dan lalat yang merupakan hewan-hewan pembawa bibit penyakit.
Itulah beberapa tips berguna yang bisa anda lakukan untuk tetap fit selama kita menghadapi musim pancaroba. Anda harus ingat bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.
Sumber 1
Sumber 2
Rating: 4.5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?