Waspada Terkena Flu di Musim Hujan




 
Flu adalah salah satu penyakit yang sering diderita pada musim hujan. Penyakit ini sebagian besar diakibatkan oleh infeksi virus yang menyebabkan radang pada sistem pernapasan kita. Karena disebabkan oleh virus maka penyakit ini dapat sembuh sendiri tetapi gejala yang ditimbulkannya seperti demam, batuk hebat, pilek dan sering disertai mata terasa perih dan berair menyebabkan penyakit ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.
Berikut adalah tips berguna untuk menghindari flu:
  1. Biasakan mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur. Makanan bergizi sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh meningkat, infeksi virus yang menyebabkan flu dapat dengan mudah ditangkal.
  2. Minum air putih minimal 8 gelas sehari (2 liter). Hal ini selain berguna untuk menghilangkan dahaga juga berguna untuk mencegah dehidrasi dan saluran pernapasan tidak kering. Bila saluran pernapasan kering akan menjadi mudah terkena iritasi dan akan menjadi tempat di mana infeksi virus influenza berpusat.
  3. Berolahraga secara rutin, minimal 2 kali dalam seminggu. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup berjalan atau joging ringan selama 15-30 menit.
  4. Usahakan beristirahat yangcukup jika sudah terkena flu. Disarankan untuk beristirahat minimal 6 sampai 8 jam dalam sehari. Dalam waktu istirahat tersebut, organ tubuh mempunyai waktu untuk memperbaiki fungsi-fungsi sel, terutama saluran pernapasan yang sedang terkena infeksi virus flu.
  5.  Kendalikan stres anda. Stres bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun, termasuk daya tahan saluran pernapasan.
  6. Jangan beraktivitas terlalu berlebihan. Lakukan aktivitas anda dengan normal dan jangan terlalu berlebihan karena dapat menurunkan daya tahan tubuh.
  7. Kurangi mengkonsumsi makanan beremak dan cemilan. Makanan-makanan seperti gorengan dan makanan berlemak lainnya bisa menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan.
  8. Gunakan masker atau pelindung hidung saat anda beraktivitas di tempat yang berdebu atau sangat berpolusi. Dengan menggunakan masker anda dapat mencegah iritasi pada saluran pernapasan.
Sumber  Artikel 1
Sumber Artikel 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?