Bulan Kelahiran Menentukan Sehat atau Tidaknya Seseorang

Bulan kelahiran mempengaruhi bagaimana sistem kekebalan tubuh berkembang. Bahkan, menunjukkan seberapa rentannya Anda terhadap penyakit autoimun.

Setelah melakukan penelitian terhadap 50 bayi, peneliti di London menemukan bahwa anak yang lahir di bulan Mei rentan mengalami gangguan neurologis multiple sclerosis.

Multiple sclerosis adalah salah satu penyakit autoimun dimana sel-sel kekebalan tubuh malah menghancurkan pelindung saraf, yang menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan dan kehilangan fungsi anggota tubuh lainnya.

Para peneliti menyakini bahwa tidak tercukupinya vitamin D menjadi penyebabnya. Ya, sinar matahari tak terlalu banyak menyinari di bulan Mei dibandingkan disepanjang bulan November (bertepatan dengan musim semi).

Temuan dalam Journal of JAMA Neurology juga mengungkapkan bahwa bayi-bayi yang lahir di bulan Mei cenderung memiliki jumlah vitamin D 20 persen lebih rendah dibandingkan bulan-bulan lainnya. Inilah yang menjelaskan mengapa anak-anak yang terlahir di bulan Mei rentan terhadap penyakit autoimun ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?