Misteri Lukisan 3D Prabu Siliwangi

Berkunjung ke Kota Cirebon, akan semakin lengkap bila berkunjung ke Keraton Kasepuhan.

Salah satunya di Keraton Kasepuhan ini, Anda bisa menyaksikan dari dekat istana tempat tinggal para raja Kasultanan Cirebon.

Istana ini kondisinya cukup terawat, namun ada beberapa tempat yang tidak diurus juga.

Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah.

Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo di dalamnya.

Di dalam keraton, pengunjung bisa melihat beberapa bagian keraton, seperti Dalem Agung Pakungwati, museum kereta Singa Barong, museum benda kuno, Bangsal Keraton, istana Pakungwati jaman dulu, sumur kejayaan, serta patilasan Pangan Cakrabuana (Sunan Gunung Jati).

Namun dari sekian tempat, museum kereta Singa Barong adalah tempat yang lumayan menarik karena banyaknya koleksi milik keraton tersimpan rapi disana. Salah satunya lukisan 3 dimensi Prabu Siliwangi. Lukisan berukuran 1,5 x 1 meter ini sangat menarik dan istimewa sehingga mencolok dari koleksi lainnya.

Lukisan yang didomimasi warna coklat keemasan dan putih ini bergambar Prabu Siliwangi dengan Harimau lorengnya. Lukisan ini masih menjadi misteri, pasalnya barang siapa yang menyaksikan lukisan ini pasti merasa aneh dan terkesemia.

Menurut salah seorang pejaga museum, ini adalah lukisan Prabu Siliwangi, kakek dari Prabu Cakrabuana pendiri Cirebon. Lukisan ini di lukis oleh seorang pelukis asal Garut bernama Santang, sekitar tahun 2008 lalu. Lukisan Prabu Siliwangi ini di buat berdasarkan mimpi sang pelukis, yang mengaku mendapatkan wangsit untuk melukis Sang Prabu dan memberikannya secara gratis kepada Keraton Kasepuhan.

Keunikan dari lukisan ini, Kemana pun kita bergerak mata Sang Prabu dalam lukisan tersebut seperti mengikuti kita. Tidak hanya itu, ibu jari kaki sang Prabu pun selalu mengikuti gerak gerik kita kemana pun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?