4 Cara Penting Mencegah Diare

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Diare pada bayi dan anak-anak seringkali dianggap enteng dan tidak membahayakan. Sehingga pada saat datang ke dokter kondisi bayi atau anak tersebut sudah menderita dehidrasi yang berat dan bisa mengancam keselamatan nyawanya. Biasanya jika bayi berumur kurang dari 1 bulan sudah bisa masuk kategori terkena diare ketika frekuensi buang air besarnya lebih dari empat kali dalam sehari.
Berikut adalah 4 cara penting untuk mencegah diare pada bayi dan anak-anak anda:
  1. Selalu perhatikan kebersihan dan nutrisi yang seimbang untuk bayi anda sebagai pendamping ASI setelah bayi anda berusia 6 bulan.
  2. Menjaga kebersihan dengan menjadikan cuci tangan dengan sabun sebagai kebiasaan untuk seluruh anggota keluarga. Hal ini penting karena penularan diare biasanya melalui kontak langsung dari tinja melalui tangan. Sebelum mengolah makanan untuk si kecil juga sebaiknya anda mencuci tangan pakai sabun terlebih dahulu.
  3. Kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi harus selalu diperhatikan. Sama halnya dengan kebersihan perabot minum, makan dan mainan si kecil.
  4. Bila bayi anda menunjukkan gejala diare, tetap berikan Air Susu Ibu (ASI). Hal ini penting agar asupan gizi si bayi tetap terjaga dan mencegah gejala diare tersebut menjadi semakin parah.
Sumber Artikel

Rating: 4.5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?