Kebiasaan yang Membahayakan Mata

Menggosok mata, kita semua melakukannya. Anda pun menggosoknya tak hanya ketika mata gatal tetapi juga saat cemas atau stres, ketika bangun pagi, atau bahkan ketika bangun tidur.

Di satu sisi, menggosok mata dapat merangsang air mata mengalir dan membasahi mata kering, membersihkan debu dan iritan lainnya.

Tetapi, jika menggosoknya terlalu keras, terlalu sering atau dalam durasi waktu cukup lama, Anda malah menempatkan mata dalam kondisi berbahaya.

Menggosok mata terlalu keras dapat meningkatkan tekanan di belakang bola mata, di mana saraf optik terhubung ke serat yang sangat halus di mata.

Ketika mendapatkan tekanan, aliran darah yang masuk dan keluar di mata akan melambat. Yang berarti membuat mata lebih sulit untuk mempertahankan fungsinya. Itulah mengapa setelah menggosok mata, pandangan menjadi kabur.

Belum lagi, Anda mengucek mata dengan jari tangan yang kotor. Kondisi ini dapat menyebabkan kuman masuk ke mata dan menyebabkan peradangan. Jika terjadi peradangan, mata akan berwarna merah, terasa panas dan perih. Serta menjadi berair dan terus mengeluarkan kotoran mata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?