Mengenal Senjata Mandau Suku Dayak

Indonesia punya beragam senjata tradisional dari berbagai suku. Salah satunya, yang sudah cukup populer adalah Mandau dari kebudayaan Dayak, Kalimantan.

Mandau merupakan senjata tradisional yang menyerupai pedang. Selain itu Mandau juga merupakan senjata utama dan merupakan senjata turun temurun yang dianggap keramat.

Bentuknya panjang dan selalu ada tanda ukiran. Mandau dibuat dari batu gunung, ditatah, diukir dengan emas, perak atau tembaga, dan dihiasi dengan bulu burung atau rambut manusia.

Mandau mempunyai nama asli yang disebut "Mandau Ambang Birang Bitang Pono Ajun Kajau", merupakan barang yang mempunyai nilai religius. Karena dirawat dengan baik oleh pemiliknya.

Batu-batuan yang sering dipakai sebagai bahan dasar pembuatan Mandau di masa yang telah lalu yaitu Batu Sanaman Mantikei, Batu Mujat, Batu Tengger dan Batu Montalat.

Mandau harus disimpan dan dirawat dengan baik di tempat khusus untuk penghormatan. Karena Suku Dayak yakin bahwa mandau memiliki kekuatan spiritual yang mampu melindungi pemiliknya dari serangan atau niat jahat dari lawan-lawannya.

Dan Mandau juga diyakini dijaga oleh seorang perempuan. Dan jika pemiliknya bermimpi bertemu dengan perempuan yang menghuni Mandau, berarti sang pemilik akan mendapatkan rejeki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?