Saran Cerdas Hilangkan Rasa Lelah

Ketika istirahat berdurasi panjang tidak dapat mengatasi rasa lelah Anda, saatnya untuk waspada terhadap berbagai kemungkinan penyakit serius (seperti stroke, gangguan jantung hingga hipertensi) -- artikel lengkapnya bisa klik tautan ini.

Supaya Anda terhindar dari bermacam penyakit yang ditimbulkan karena tidak bisa mengatasi rasa lelah, tidak ada salahnya mengikuti saran di bawah ini:

Buatlah prioritas waktu tidur dan jadwal teratur untuk tidur. Jauhkan berbagai intervensi electronic gadget ketika Anda tidur karena hal itu akan membantu mengurangi gangguan saat tidur. Kombinasi istirahat dan relaksasi di sela-sela kesibukan Anda juga dapat dilakukan untuk menghemat energi.

Atur pola diet dengan baik. Kebiasaan makan yang buruk (terlalu sering atau jarang) dan diet yang tidak seimbang dapat membebani tubuh dan meyebabkan kelelahan.

Jangan pernah melewatkan waktu sarapan setiap pagi, dan tambahkan berbagai protein dan karbohidrat kompleks di setiap makanan, seperti roti gandum, beras merah, dan ubi manis.

Lengkapi pula dengan asupan berbagai asam lemak omega 3, 6, dan 9, kombinasi protein hewani dan nabati dalam jumlah yang cukup, serta vitamin, mineral, dan serat yang berfungsi sebagai antioksidan.

Jika Anda mengalami sleep apnea akibat faktor kegemukan, cobalah untuk mengurangi berat badan, berhenti merokok, dan cobalah tidur menggunakan alat bantu yang disebut CPAP (continuous positive airway pressure) yang menjaga Anda tetap bernapas sepanjang malam.

Jika anemia menjadi penyebabnya, ada baiknya Anda mengakalinya konsumsi suplemen zat besi dan makan makanan yang kaya zat besi, seperti daging, hati, kerang, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya zat besi.

Berolah raga lebih sering. Olah raga juga bisa berfungsi sebagai penenang dan penyeimbang kondisi tubuh dan ketegangan emosional yang disebabkan oleh beban kerja yang menumpuk, kecemasan atau keletihan.

Latihan kardio, peregangan, atau latihan beban yang sesuai dengan proporsi tubuh merupakan bentuk latihan yang terbaik.

Mengatur sirkulasi udara. Bekerja dengan kondisi cuaca panas bisa membuat Anda lelah. Begitu juga bekerja atau hidup dalam lingkungan dengan ventilasi yang buruk.

Atur sirkulasi udara dengan mengoptimalkan ventilasi, dan bantu dengan konsumsi air putih dalam jumlah banyak untuk mencegah dehidrasi.

Ubah rutinitas yang bersifat monoton. Tak ada yang membuat Anda cepat lelah dan tak bergairah dibanding sebuah rutinitas monoton. Oleh sebab itu cobalah hal-hal baru dan menarik sekali sehari (atau lebih).

Jika, sebaliknya, beban kerja terlalu berat, sisihkan beberapa saat sebagai waktu hening Anda untuk menikmati ketenangan dan kedamaian.


Sumber Majalah Bazaar Desember 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tipe Bos

Tips Galau

Biar Keliatan Pinter: Otak Kiri atau Otak kanan?